Cara Mengatasi Rasa Sakit Pada Gusi Yang Bengkak

Kamis, 28 November 2013



Selain sakit gigi, ada lagi masalah kesehatan lainnya yang sering terjadi pada mulut, yakni gusi bengkak. Penyebabnya pun beraneka ragam, mulai dari kesehatan mulut yang kurang baik sampai panas dalam sekalipun dapat memicu gusi membengkak.

Saat gusi membengkak banyak sekali kerugian yang kita dapatkan, misalnya pipi yang kelihatan lebih besar sebelah sampai rasa sakit yang tidak tertahankan. Jadi bisa dibilang, kalau gusi bengkak sama jeleknya dengan sakit gigi karena akan menggangu aktifitas kita sehari – hari.
Untuk mengatasi gusi bengkak memang gampang – gampang susah, bahkan orang yang sudah ke dokter sekalipun gusinya masih tetap saja membengkak. Perlu diketahui, untuk dapat mengembalikan gusi yang membengkak seperti keadaan normal sebenarnya tidak juga hanya mengobati gusi saja. Pasalnya anda juga harus menjaga kesehatan mulut, menjaga pola makan, serta memastikan anda tidak panas dalam.
Berikut ini ada beberapa tips yang dapat anda gunakan untuk mengatasi rasa sakit tatkala gusi anda bengkak, tentunya dengan menggunakan cara yang alami sehingga menghindarkan anda dari ancaman efek samping bahan kimia.
Cara pertama yang dapat anda coba adalah dengan berkumur dengan air garam, meski rasanya terlalu asin namun terbukti cepat meredakan rasa sakit pada gusi. Selain garam, anda juga dapat menggunakan  baking soda yang dicampurkan dengan air untuk obat kumur.
Selain itu, anda juga harus banyak – banyak meminum air putih supaya anda tidak mengalami panas dalam yang dapat menyebabkan gusi membengkak. Jangan sampai ketinggalan, anda pun harus lebih rajin menyikat gigi serta berkumur seusai makan.
Hal terakhir yang dapat anda lakukan saat gusi anda bengkak adalah dengan memberikan pijatan lembut dari luar, nantinya perlahan gusi akan mulai membaik. Tapi jika keadaan semakin bertambah parah setelah mencoba tips di atas, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter. Karena siapa tahu ada penyebab lain yang membuat sakit gusi anda, semisal ada gigi yang mau tanggal.

0 komentar

Posting Komentar